CARA MEMBUAT GAMBAR 2D DI AUTOCAD
Assalamualaikum wr wb,
Hai teman-teman kembali lagi
bersama saya di galaridha.blogspot.com. Saya akan membagikan sedikit info
tentang bagaimana sih cara membuat gambar 2D dengan aplikasi Autocad 2017.
Khusus bagi warga teknik sipil harus bisa menguasai teknik Autocad ini.
Autocad merupakan sebuah software
yang sering digunakan untuk membuat gambar gedung, baik 2D atau 3D. Autocad
merupakan software keluaran dari Autodesk yang memang dirancang khusus untuk
membuat gambar 2D dan 3D dengan keakuratan yang presisi. Selain membuat gedung
autocad juga bisa digunakan untuk membuat gambar mesin, perkakas, toolkit, dan
lain-lain. Software jenis ini banyak di gunakan untuk kepentingan industri,
untuk membuat gambar kerja yang akurat dan presisi. Selain membuat gambar kerja
Autocad juga digunakan oleh industri Outomotif untuk membuat gambar kendaraan,
baik itu Mobil ataupun Motor. Autocad juga banyak digunakan oleh para usaha
kontraktor, untuk membuat gambar kerja Gedung, Jembatan, dan lain-lain. Kata
Kunci: Cara Membuat Gambar 2D di Autocad
Pada kesempatan kali ini saya akan
membahas tentang Cara Membuat Gambar 2D di Autocad. Autoad sering saya gunakan
untuk membuat gambar 2D dengan keakuratan yang presisi. Software ini pun banyak
penggunannya, entah untuk kepentingan industri ataupun untuk membuat gambar
kerja. Gambar 2D merupakan awal dari pembuatan gambar 3D pada Autocad, sebelum
kita mengusai gambar 3D alangkah baiknya kita belajar cara membuat gambar 2D di
Autocad. Saya sering menggunakan software ini untuk mendesain atau membuat
gambar Rumah dan membuat gambar kerja lainnya karena software ini sangat pas
untuk membuat gambar kerja dengan keakuratan yang sangat pas dan presisi.
Banyak Tool-tool yang dapat digunakan untuk membuat gambar kerja 2D pada
Autocad seperti Line, Circle, Polygon, ellips, dan lain-lain yang sering saya
gunakan untuk membuat gambar kerja.
Pembahasan Saya akan
menjelasakan cara membuat denah Rumah menggunakan Autocad :
Langkah 1 : Buat garis AS (warna merah) dengan
ukuran sesuai gambar. Anda dapat menggunakan perintah LINE atau POLYLINE.
Langkah 2: Buat obyek KOLOM (warna merah)
lengkap dengan arsirannya, ukuran sesuai gambar. Gunakan perintah LINE atau
POLYLINE atau RECTANGLE untuk membuatnya. Perintah HATCH digunakan untuk
membuar arsiran. Letakan obyek kolom yang sudah jadi ke seluruh titik pojok
pada garis AS. Gunakan perintah COPY untuk menyelesaikan langkah ini. KOLOM
Langkah 3: Buat garis DINDING PLESTERAN (warna
biru) dengan bentuk sesuai gambar. Pada tahap ini, Anda dapat menggunakan
perintah draw seperti LINE atau MULTYLINE atau POLYLINE atau RECTANGLE.
Perintah modify dapat pula digunakan untuk menyelesaikan langkah ini, seperti
OFFSET atau COPY dan TRIM. DINDING-PLASTER
Langkah 4:
Buat obyek KUSEN PINTU (warna merah) dengan bentuk dan ukuran sesuai gambar,
kemudian letakan pada denah yang ada. Dalam proses pembuatan obyek ini,
perintahdraw yang dapat digunakan antaralain: LINE, POLYLINE, RECTANGLE, CIRC
LE, ARC. Sedangkan perintah modify yang dapat digunakan diantaranya: COPY, MIRR
OR,MOVE, TRIM, ROTATE, HATCH, BLOCK. KUSEN-PINTU
Buat obyek KUSEN JENDELA (warna
merah) dengan bentuk dan ukuran sesuai gambar, kemudian letakan pada denah yang
ada. Dalam proses pembuatan obyek ini, perintah draw yang dapat digunakan
antaralain: LINE, POLYLINE, RECTANGLE. Sedangkan perintah modify yang dapat
digunakan diantaranya: COPY, MIRROR,MOVE, ROTATE, HATCH, BLOCK. KUSEN-JENDELA
Langkah 6: Lakukan modifikasi pada garis DINDING
PLESTERAN disetiap posisi peletakan KUSE N PINTU. Gunakan perintah TRIM untuk
memotong garis tersebut sehingga bentuknya menjadi seperti gambar. TRIM
DINDING-PINTU
Langkah 7: Buat garis DINDING BATA (warna
merah) dengan ukuran sesuai gambar. Anda dapat menggunakan perintah draw
seperti : LINE atau MULTYLINE atau POLYLINE. Sedangkan perintah modify yang
dapat digunakan diantaranya: COPY, OFFSET,TRIM, STRETCH. DINDING-BATA
Langkah 8: Buat ARSIRAN DINDING BATA (warna
merah) dengan bentuk seperti pada gambar. Anda dapat menggunakan perintah HATCH
dengan PATTERN ANSI3 2. ARSIR-BATA
Langkah 9: Buat obyek TERAS (warna merah) pada
bagian depan dan belakang denah. Dalam proses pembuatan obyek ini, perintah
draw yang dapat digunakan antaralain: LINE,PO LYLINE, RECTANGLE. Perintah HATCH
digunakan untuk membuat pola lantai dengan type USER DEFINED. TERAS
Langkah 10: Buat arsiran RUMPUT (warna merah) pada
bagian belakang dan depan denah. Anda dapat menggunakan perintah HATCH dengan
type GRASS. RUMPUT
Langkah 11: Buat arsiran RUMPUT (warna merah) pada
bagian belakang dan depan denah. Anda dapat menggunakan perintah HATCH dengan
type GRASS. RUMPUT
Langkah 12: Lengkapi pula denah dengan obyek
FURNITUR (warna merah) seperti pada gambar. Anda dapat menggunakan DESIGN CENTER
HOME SPACE PLANNER untuk mempermudah dalam menyelesaikan tahap ini. Gunakan
perintah SCALE dan MOVE untuk mengatur posisi obyek furnitur. FURNITUR
Langkah 13: Buat TEKS ruang dan level (warna merah)
sesuai gambar. Beberapa perintah yang dapat Anda gunakan diantaranya: TEXT,
COPY, MOVE.
Langkah 14: TEKS Buat DIMENSI UKURAN denah (warna
merah) sesuai gambar. Beberapa perintah yang dapat Anda gunakan diantaranya:
DIMENSION LINEAR, CONTINUE, QUICKDIMEN SION DIMENSI.
Langkah 15: Buat NOTASI as dan potongan (warna
merah) dengan bentuk sesuai gambar. Dalam proses pembuatan notasi, perintah
draw yang dapat digunakan antaralain: LINE,CIRCL E, TEXT. Sedangkan perintah
modify yang dapat digunakan diantaranya: COPY, MIRR OR, MOVE, ROTATE, HATCH.
Langkah 16: NOTASI Langkah terakhir buat JUDUL
GAMBAR (warna merah) dengan menggunakan perintah TEXT dan LINE. JUDUL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar