7 Tips Manajemen Waktu Bagi
Mahasiswa
Manajemen waktu merupakan hal yang
harus dilakukan oleh seorang mahasiswa, karena mahasiswa setiap hari
pasti digeluti dengan adanya tugas tugas yang banyak, belum juga membersikan
membersikan kamar kos atau melakukan pekerjaan rumah dan beraktifitas dikampus,
tubuh kalian juga harus diberikan asupan makanan yang sehat untuk membantu
untuk melancarkan kinerja otak.
Manajemen waktu sangat penting
karena waktu yang kalian gunakan akan lebih tertata dan dengan melakukan
manajemen waktu yang baik kalian akan mampu mengatur prioritas yang ingin
kalian kerjakan atau ingin kalian selesaikan terlebih dahulu, ujian juga akan
lebih terorganisir dan kalian akan bisa mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.
Untuk itu diperlukannya manajemen waktu.
Saya disini akan memberikan tips
tips bagaimana agar supaya kita bisa mengatur waktu yang lebih baik, agar bisa
tertata waktu yang kita miliki, serta dengan banyaknya kegiatan yang kita
miliki, kita bisa bersantai disela-sela kegiatan yang padat.
- Tentukan apa yang harus kalian lakukan
Tahap pertama yang harus
dilaksanakan untuk manajemen waktu adalah membuat daftar apa saja yang akan
dilakukan, baik itu mengerjakan tugas, belajar maupun mengerjakan pekerjaan
rumah. saat kalian tidak memiliki daftar tersebut, maka kalian akan kesulitan
mengerjakan beberapa kegiatan itu, sehingga beberapa kegiatan tidak dilakukan,
seperti kebanyakan mahasiswa tidak mengerjakan tugas sehingga akan mempengaruhi
kualitas pekerjaan dan nilai mereka.
Jika ada tugas yang harus diselesaikan, hendaknya kalian
memprioritaskan waktu untuk daftar tersebut.
2. Membuat Jadwal Hidup
Jadwal hidup? Apaan ya ? jadwal
hidup merupakan jadwal yang bisa kita lakukan dalam kegitan sehari hari dan
kegiatan yang kita lakukan dalam daftar yang kita buat, lalu membuat reminder
diSmartphone yang kalian miliki seperti alarm atau kalender. Saat membuat
jadwal, pikirkan juga waktu saat-saat sibuk kalian dan tidak menempatkan waktu
belajar disela sela waktu tersebut
Jangan lupa untuk bersosialisasi dengan teman kalian dan
tidur yang cukup setiap malamnya agar tetap fokus selama masa belajar.
3. Bersikap Fleksibel dan realistis
Luangkan waktu anda 8-10 jam selama
sehari untuk bekerja, belajar dan bersosialisasi serta hal hal yang praktis
yang perlu kota lakukan.
Sebagai mahasiswa yang aktif dan kuliah reguler dan waktu
yang penuh, kalian diharapkan bisa mendedikasikan waktu 30 jam selama seminggu
untuk belajar di universitas , termasuk waktu PMB, seminar dan kegiatan UKM,
jika kalian menghabiskan 15 jam untuk kegiatan belajar mengajar dengan dosen ,
jadi kalian bisa menggunakan 15 jam belajar tambahan untuk belajar mandiri.
Perlu diperhatikan , dengan padat nya jadwal yang kalian
miliki dan memakan waktu yang lebih lama dari yang sudah diperkirakan, jadi
berikan sedikit waktu tambahan untuk mengerjakan tugas agar cepat selesai.
4. Berikan waktu untuk perencanaan untuk menghindari
pengulangan
Luangkan kembali waktu yang kalian
miliki untuk meninjau kembali waktu dan pekerjaan pekerjaan yang kalian
lakukan, jika terdapat waktu yang tidak efektif atau sudah tidak bisa
dikerjakan lagi maka kalian bisa menggantikan jadwal baru sesuai dengan
kegiatan yang kalian lakukan saat ini.
5. JANGAN MENUNDA
Kenapa Dicapslock ? karena tidak
menunda pekerjaan akan sangat penting bagi manajemen waktu yang baik, salah
satu cara untuk menghindari penundaan adalah dengan memikirkan berbagai tempat
yang kalian tempati untuk belajar, pikirkan kembali apakah ada tempat tersebut
yang nyaman dan cukup menyenangkan.
Lakukanlah belajar kelompok dengan teman-teman untuk
meningkatkan motivasi dan menghindari penundaan.
6. Berolahraga untuk menjernihkan Pikiran di sela-sela belajar
Dengan olahraga dan tidur yang
cukup disela sela waktu yang sangat padat, akan dapat memfokuskan keadaan
pikiran anda dan membantu menjernihkan pikiran dan meningkatkan kekuatan orak
disela sela belajar , kalian bisa melakukan olahraga setiap pagi dengan jogging
atau senam dan lakukan lah minimal 10-15 menit sehari.
7. Apakah UKM atau kegiatan Organisasi yang kalian ikuti
Efektif ?
Meninjau kembali jadwal kalian akan
membantu keefektikfan waktu yang kalian miliki serta merombak kegiatan yang
tidak sesuai dengan jadwal, kegiatan UKM yang sedang kalian jalani juga perlu
untuk dimasukkan ke dalam jadwal kalian, pikirkan kembali apakah UKM yang
kalian ikuti efektif dan bisa menunjang kebutuhan kegiatan belajar anda, jika
tidak pikirkan kembali untuk meluangakan waktu yang secukupnya saja untuk
kegiatan Ukm tersebut.
Sekian tips tips yang bisa saya sampaikan dan bisa anda
lakukan untuk mengatur waktu agar lebih baik, dengan mengatur waktu yang baik
akan tertatanya dan disiplinnya waktu yang kalian miliki dan mengurangi tingkat
stress akan tenggat waktu dan tidak terburu buru saat mengerjakan tugas
sehingga memaksimalkan waktu yang anda miliki.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar